Who’s Following Who??

Mungkin udah basi kalo ngebahas masalah Jiplak menjiplak,Copycat,Plagiatisme atau apalah namanya.Soalnya udah biasa mah,di Indonesia negaraku tercinta ini menjiplak karya orang.Sudah terlalu banyak juga blog-blog yang tanpa sengaja terbaca olehku,yang mencemooh hasil karya pekerja seni Indonesia yang berhasil menjiplak film-film Amerika,Korea,Jepang,Taiwan,India,Meksiko bahkan Animasi kartun pun dijadiin Sinetron.
Kayak sinetron Candy yg ngikutin cerita kartun Candy-Candy.
Trus sinetron Eneng yang mirip ama Doraemon.

Sepertinya doktrin sinetron Indonesia sudah begitu kuat dan terlalu jauh mengobok-obok pemikiran masyarakat kita..(kita??low aja kale..gue enggak.he5).

Sampai Prof.Dr.-Ing.Sc.h.c.Bacharuddin Jusuf Habibie,suka bangeddd…ama sinetron Cinta Fitri.Aduhh..bapak,sinetron itu kan copycat dari drama Korea -“PURE LOVE OF 19”-.Kayaknya beliau harus nonton film korea itu dulu deh,jadi bisa ngajak makan malam artis-artis Koreanya.hehehe.

Yang parahnya lagi,udah jelas-jelas hasil jiplakan gitu,sutradaranya dengan bangga mengakui kalau sinetron-sinetron itu dari ide cerita fiktif yang orisinil…!
Kalo artis-artisnya bilang laen lagi.Ngakunya ‘terinspirasi..!’.
Beda kale buk,terinspirasi ama Njiplak..

Tadi aku liat List 130 sinetron Indonesia (sampai Februari 2008) yang menjiplak drama-drama luar…

Ahhh..entahlah,untung aku bukan maniak sinetron yang tiap hari nangkring depan tivi,nungguin Sinetron…;)

Eniwei..yang mau dibahas sekarang adalah FILM.Dan disinilah aku, duduk didepan teras rumah kost.Dengan tekun melototin hape.Karena 3 malam puasa ini aku telah berhasil melahap 3 film horor,dan..surprise..akirnya timbullah ide nulis ini.

Tiba-tiba,di depanku duduk seorang bapak-bapak sambil bertanya macam-macam.Byaar..!habis sudah,buyar deh.
Dengan adegan-adegan kayak di film horor.Aku berdoa supaya dia cepat beranjak dari hadapanku.out of my face.out of my face…!!
Busett..tiba-tiba dia langsung minta ijin.
Tidak dapat dipercaya,dia bisa membaca pikiranku.hhh..untung ‘ga mikir jorok.hahaha.

Well,back to our main topic.Ternyata banyak juga film-film Indonesia tercinta ini yang menjiplak film-film luar.Semenjak polemik yang terjadi akibat pembatalan kemenangan Film EKSKUL di FFI 2006 sebagai film terbaik dan Sutradara terbaik (Nayato Fionuala),gara-gara musik yang dipakai di dalam film ini merupakan pelanggaran hak cipta.
Universal music pada waktu itu menemukan bukti bahwa film Ekskul menjiplak latar lagu film Hollywood,Gladiator.Dan lagu -Remembering Munich- di film “Munich” karya Steven Spielberg,juga dipakai buat film Ekskul..!!

Bukankah sejak kejadian itu sineas Indonesia harusnya lebih bisa membuat karya yang orisinil..!!?
Sekarang yang semakin banyak terjadi malah lebih dan semakin banyak film-film Indonesia tercinta yang menjiplak film-film asing..!!What a shame..

Mulai dari BLOODY MARY,film urband legend ini dicontek sama film hantu Indonesia tercinta:
-“PANGGIL NAMAKU 3x (Kubalaskan Dendammu)”.Ceritanya sama,panggil nama hantunya 3x di depan cermin wc.
Kenapa harus 3x ya??kenapa bukan 4 atau 5 x??
Trus kenapa juga harus cermin wc?jorok banget yah tuh hantu maen di Wc..!!tadi abis sahur aku coba manggil Bloody Mary depan cermin.tapi ‘ga da apa-apa tu..!!
Karena puasa x y,jadi hantu pada diiket semua.hahaha.

Trus film CINTA UNTUK CINTA.taon lalu,waktu aku cuti dirumah,di Banda.Adikku dengan bangga menarikku ke kamarnya..
“bang,sini liat di komputer aku ada film baru.lucu filmnya aku suka..!”
hmm..tumben nih anak suka film.Dengan seksama,detik demi detik aq perhatikan opening film nya..!satu menit..dua menit..!
“BUSSYEETT…!!Ga salah lagi,ini pasti ceritanya..(gini kan..).
Akhirnya dia..(gini kan)”.
Dengan lugu adikku bilang..”Kok tau..?!!”

“Ya eyalah..masa’ Ya eyadong..!Film ini sama persis 100 % plagiat,copy cat,copi paste dari film “JUST LIKE HEAVEN”.ada tuh filmnya ma bg Dika.mending nonton yang asli dee..!!”.

dia mengangguk dan menjawab “Emm..Tapi adek ‘ga ngerti bahasa inggris..!”.
GUBRRAKK..!!

Ada lagi,film NAMAKU DICK yang alur ceritanya mirip sama film Thailand TALKING DICK.adegannya juga ada yang nyontek film ANGER MANAGEMENT.bahkan tokohnya (Tora Sudiro) pun ikut-ikut tingkahnya JIM CARREY.dan yang paling menyebalkan..itu kan NAMA AKU..DICK..!!

MIRACLE,yang intinya nyontek film FINAL DESTINATION..

REALITA CINTA ROCK ‘N ROLL,yang ceritanya mirip TRANS AMERICA.malah film itu releasednya pas Trans Amerika baru diputer juga..

BUTTERFLY..yang kayaknya terinspirasi dari film Taiwan,ETERNAL SUMMER.cuma diubah peran aja.Kalo Eternal Summer -cowo suka ma cowo- sedangkan Butterfly -cewe suka ama cewe-

Dan film UNGU VIOLET yang katanya jiplakan dari film MV KISS..!!

Trus..film yang bagus bangedd..dapet nominasi Piala Citra 2006,dan berbagai penghargaan lain termasuk Movie of the Year MTV Indonesia Movie Award 2006..yupzz..BERBAGI SUAMI yang aku baca di beberapa blog,ternyata mirip ama film India (judulnya ‘ga dapet)
bener ‘gak ya??

juga film LOVE Is CINTA,yang nyontek film Hongkong FLY ME to POLARIS (1999).

Film horor BANGKU KOSONG yang copicat dari film horor Korea BUNSHISABA.anehnya,kenapa ya harus nyontek film ini.Padahal ini film terkenal lho.Tahun 2004 film ini diputar pada Punchon International Fantastic Film Festival.Tahun 2005 premiere di New York Korean Film Festival,juga di Screamfest Horror Film Festival yg ke-5.
–apa dikira sutradanya film itu diluar jangkauan x ya..??!

satu lagi,film COKLAT & STROBERI.yang dari judulnya aja udah ngikutin banget film Spanish;Mexico STRAWBERRY AND CHOCOLATE (Fresa y Chocolate).Gila ya..!!mungkin dirubah sedikit ceritanya.
Walaupun aku sendiri belum nonton film Spanyol ini.Tapi dari referensinya,film yang released 11 Sept ’94 ini merupakan film Gay pertama yang dibuat secara komersil di Cuba,setelah revolusi.dengan setingan tahun 1979 kalo ‘ga salah.
Karakter tokohnya juga sama.Satu Gay banget,satu lagi Straight tapi naif.Sebenernya lo Coklat atau Stroberi siih??!
(Najees..!!)

Dan yang baru-baru ini aku tonton “TALI POCONG PERAWAN”.
Coba liat deh satu scene,waktu Dewi Persik mau naik lift,pas pintu lift kebuka tiba-tiba ada seonggok permen.(Halah..hahaha).Seonggok pocong -mirip permen- lagi mojok.Trus seolah-olah ‘ga gentar gitu sang Dewi pun melihat monitor yang ada diluar lift.Ternyata pocong nya ‘ga keliatan.Akhirnya dia pindah ke lift sebelah yang kosong.Adegan dari mulai pencet tombol lift,bentuk lift yang double,pake monitor diluarnya,tempat berdirinya hantu,dan semua adegan di dalam lift,bahkan sampe cara pengambilan gambar dan pergerakan hantunya pun,sama persis 100 % dengan adegan Jessica Alba dalam film THE EYE..!!!
Thats cool.hah??

Kalo masalah serem,ya jelas lah lebih serem Tali Pocong Perawan ketimbang The Eye.Dengan music yang Ngehantu banget.Hantunya Pocong pula..ufff…!!
Cuma aku surpraise aja liat satu adegan itu sama persis.

–kalo boleh komentar lebih tentang film Tali Pocong Perawan,banyak adegan yang harusnya ‘ga penting dalam film itu.Tapi yang paling ‘ga penting sewaktu teman sekamarnya Dewi Persik beradegan mandi di dalam bathtub,dengan gerakan yang dilebih-lebihkan (jadinya kayak bintang iklan sabun mandi..).Trus waktu Dewi Persik masuk,tiba-tiba ada pocong duduk di lantai disamping bathtub.Buat apa..coba!!
Jadinya kayak adegan film porno,judulnya Mandi bareng Pocong.atau tuh pocong minta dimandiin kalee..!!

Kenapa ‘ga sekalian aja dibuat adegan Dewi Persik lagi nongkrong di kakus,tiba-tiba keluarlah pocong dari lubang kakus dengan membabi buta.sambil berputar-putar dan berwarna emas..!!
Lebih ekstrim kan..?!

Yahh..mudah-mudahan aja film-film yang dibuat sineas Indonesia tercinta lebih berkualitas.bukan cuma supaya laku dijual aja.

Tapi ada satu film Indonesia tercinta yang ‘mungkin’ lebih layak lah kalau dibilang inspirasinya dari film SCARY MOVIE.yaitu FILM HOROR (Scary Movie Indonesia).Kalo ini bisa lah dibilang terinspirasi.jelas aja kan hantunya beda ama Scary Movie.

Tapi,bukan cuma Indonesia kan yang ternyata meng-copy film-film asing.Bahkan Hollywood dengan terang-terangan mengcopi paste film-film horor Asia.kayak THE RING juga THE EYE,yeah Hollywood version lah.walaupun ada Lisensinya..tetep aja Jii..Plak..!!

trus ujung ceritanya The Eye yang persis sama Final Destination..

Tapi pernah denger ‘ga kalo film yang menurut beberapa temanku bagus(soalnya aku belum nonton.hehehe) film I Am a LEGEND,mirip dengan film 28 DAYS LATER???
Auu’ahh…!!

dan ternyata Hantu yang paling populer di America adalah Zombie (saingannya Pocong Indonesia).
Liat aja berapa banyak film yang bertemakan Zombie sang mayat hidup bertebaran di beberapa film Hollywood,dengan berbagai judul.persis Pocong..

and the last one is..filmnya Keanu Reeves ama Sandra Bullock –“THE LAKE HOUSE”,yang duplicate film Korea -“LOVE LETTER BOX-“.Ceritanya 100 % sama persis tanpa gubahan.

kenapa judulnya berbeda jauh??sebenarnya kalau udah nonton filmnya judulnya bisa aja keduanya.karena yang jadi center of point di film ini,kotak surat ama rumah ditengah danau gitu..!
Well..kedua film serupa ini bagus sih..

P.S
–Love Letter Box (Korean Movie); Released 2003.
–The Lake House (Hollywood movie); Released September 2006.

Dan..ketika ini semua terjadi.Timbullah sebuah pertanyaan di benak kita.
Sebenarnya..
Who’s following who sih???

Advertisements

6 thoughts on “Who’s Following Who??

  1. Produser dan sutradara film indonesia masih mengira penonton kita bisa dibodoh-bodohi lewat mencontek film2 orang yang mereka sangka nggak bakal ketahuan…Sudah waktunya media kita lebih frontal dengan mengkritisi film2 yang beredar di bioskop, kalau gak gitu kapan majunya penonton2 kita. Untungnya udh banyak blog2 (seperti blog ini) yang menulis kritikan thdp film indonesia, semakin banyak yg ngebaca, mudah2an penooton kita makin pinter dan skeptis dgn film yang org2 kita bikin.

    cheers,
    http://filmindonesia.blogsome.com/

  2. iya..bener banget. karena yang buat film kan bukan Indonesia aja. dan pastinya sebagai ‘orang yang suka nonton film’ yang kita tonton kan bukan film Indonesia atau Hollywood atau bahkan yang terkenal aja.

    ya..dan mudah-mudahan akan banyak film-film Indonesia yang bagus dan menghibur..

  3. Film eksul dicontek ama film hollywood judul nya hello herman . Beda ending nya doang . Versi indonesia yg dibully bunuh diri, ver amerika dihukum mati.
    Eksul dirilis thun 2003, sedangkan hello herman thun 2013.

  4. Menggelitik…. pernah kepikiran ttg who is following who… tapi bukan pelem…
    agu kakak… pernah baca bahwa banyak banget lagunya Ahmad Dani itu kebanyakan ‘terinspirasi’ dari lagu2x barAt (gue nyebut ‘beliau’ karena sentimen sama dia sih, pdhl masih banyak yg lain).
    Terutama lagu masa kecil kita, rupanya… banyak banyak hasil inspirasi lagu daei luar sono, jadi kadang kadang sebel juga (ngerasa ditipu sejak masih lugu)… trus timbul lagi pertanyaan, apa org luar sono yg ngejiplak yah???

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s